dRooftalk

Sejarawan J.J Rizal: Mitos Seperti Babi Ngepet Tak Hanya Terjadi di Desa

Menanggapi mitos babi ngepet di Depok beberapa waktu lalu, sejarawan dan budayawan J.J Rizal menyatakan cerita perubahan manusia menjadi hewan tidak hanya terjadi di Indonesia atau Asia, melainkan terjadi di dunia. Dalam dunia akademik, Rizal menyatakan hal itu disebut dengan praktik likantropi.

Dalam d’Rooftalk: ‘Gaduh Mitos Babi Ngepet’ (4/5/2021) yang disiarkan detikcom, J.J Rizal juga menyoroti cerita babi ngepet tidak terkait dengan perekonomian masyarakat mendekati lebaran. Melainkan praktek meningkatkan ghirah religiusitas yang menaik di masa bulan Ramadan.

Selain itu, Rizal juga menyebut praktik tersebut bukanlah praktik yang hanya dilakukan suburban. Menurutnya, siaran di televisi pun banyak yang mengandung klenikisme, urban legend, dan fenomena generasi milenial yang memburu dan mencoba merekam hantu.

Lebih lanjut, J.J Rizal juga mencontohkan adanya fenomena sejumlah politisi yang berpendidikan den memiliki gelar berlapis membawa jimat ketika diinterogasi KPK. Menurutnya hal itu dilakukan agar jimat tersebut membantunya agar tidak bisa diinterogasi.

2,199 Views Kamis, 06 Mei 2021 13:29 WIB
Embed Video
20Detik - 20DETIK
RELATED ARTICLES