20DETIK

   |   
1,193 Views | Sabtu, 01 Mei 2021 12:03 WIB

Membangun bisnis food and beverage (F&B) tidak selalu membutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat makan atau membangun kafe. Bisa dimulai dengan usaha kecil terlebih dahulu dengan modal yang minim. Namun hal terpenting sebelum memulai usaha ini, calon pebisnis harus membuat perencanaan yang matang.

Founder of British Propolis Ippho Santosa membagikan tips yang harus dicermati sebelum terjun ke bisnis F&B dengan modal yang minim. Pertama, cari usaha jenis makanan atau minuman yang modal awalnya tidak besar. Kedua, hindari biaya operasional yang besar. Ketiga, usahakan bangun bisnis bisa tembus ke pasar nasional dengan berani memperluas pasar.

Selain itu, Ippho juga menjelaskan bagaimana mengelola keuangan bisnis, serta membagikan pentingnya melakukan evaluasi bisnis.

Festival Ide Bisnis merupakan talkshow bisnis virtual yang membagikan berbagai tips, informasi, hingga menghadirkan para pebisnis untuk memberi inspirasi kepada detikers selama 5 hari berturut-turut (26-30 April 2021). Acara ini persembahan detikcom dan ASUS serta didukung oleh Kemenko Perekonomian & Shopee.

20detik - 20DETIK